Kawruh Jiwa: Dinamika Raos Bungah-Susah Pada Mahasiswa Piaud Kelas Kualifikasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis dinamika raos bungah (rasa senang) dan raos susah (rasa sedih) yang dialami oleh mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) kelas kualifikasi di IAI Tarbiyatut Tholabah Lamongan. Emosi-emosi tersebut berkaitan erat dengan prestasi akademik, interaksi sosial, serta pengelolaan emosi dalam menghadapi tekanan akademik. Berdasarkan temuan penelitian, raos bungah muncul ketika mahasiswa berhasil menyelesaikan tugas akademik, mendapat apresiasi dari dosen, atau menjalin hubungan sosial yang positif dengan teman sekelas. Sebaliknya, raos susah terjadi ketika mahasiswa menghadapi kegagalan, tekanan tugas yang menumpuk, dan kurangnya dukungan sosial. Faktor-faktor seperti beban akademik, dukungan sosial, penguasaan materi kuliah, dan kesiapan mental menjadi faktor penentu utama dalam munculnya kedua jenis emosi ini. Pendekatan kawruh jiwa dalam budaya Jawa memainkan peran penting dalam pengelolaan emosi mahasiswa, di mana filosofi seperti nrimo ing pandum membantu mereka mempertahankan keseimbangan emosional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dukungan akademik dan strategi pengelolaan emosi yang baik dapat membantu mahasiswa mencapai keseimbangan emosional dan kesejahteraan psikologis yang lebih baik.
Downloads
Copyright (c) 2024 Alimul Muniroh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.