Analisis Retorika Pidato Cinta Laura Kiehl pada Malam Peluncuran Aksi Moderasi Beragama Kementerian Agama Ri

  • Nova Saha Fasadena IAI Al-Qodiri Jember
Keywords: retorika, cinta laura kiehl, moderasi beragama.

Abstract

Tulisan ini membahas tentang analisis retorika terhadap pidato yang disampaikan Cinta Laura Kiehl pada Malam Peluncuran Aksi Moderasi Beragama Kementerian Agama RI, 22 September 2021. Penting untuk dianalisis karena Cinta Laura Kiehl ditunjuk Kementerian Agama RI sebagai sarana komunikasi untuk mempromosikan moderasi beragama pada kalangan generasi milenial. Untuk itu peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui paradigma interpretatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tonton, simak catat. Selanjutnya dianalisis dengan meintepretasikan konsep persuasif dan lima hukum retorika Aristoteles. Teknik analisis yang digunakan menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil peneltian menunjukkan terdapat total 32 data temuan dengan rincian 19 data dari konsep retorika persuasive dan 15 data dari prinsip lima hukum retorika Aristoteles.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rahman, Fazlur, Islam and Modernity Transformation of an Intellectual Tradition. Chicago: The University of Chicago Press, 1982.

Saeed, Abdullah, The Qur’an an Introduction. London dan New York: Routledge, 2008.

__, Interpreting the Qur’an Towards a Contemporary Approach.

London dan New York: Routledge, 2006.

__, Reading the Qur’an in the Twenty-First Century. London dan New

York: Routledge, 2014.

Published
2022-04-15
How to Cite
Fasadena, N. (2022). Analisis Retorika Pidato Cinta Laura Kiehl pada Malam Peluncuran Aksi Moderasi Beragama Kementerian Agama Ri. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 6(1), 1127-1138. https://doi.org/10.36835/ancoms.v6i1.394