Konsep Pendidikan Anak Prespektif Fredrich Froebel: Telaah Filosofis, Sosiologis dan Psikologis Pendidikan Islam

  • Jasminto Jasminto Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Abstract

Pendidikan anak sebagai sub sistem pendidikan Islam memiliki peran strategis dalam pembentukan pribadi sedini mungkin. Pendidikan anak dalam Islam dapat dipahami sebagai upaya untuk meningkatkan iman, pemahaman, apresiasi dan praktek anak-anak tentang Islam, sehingga menjadi pribadi muslim yang sholeh dalam kehidupan pribadi, masyarakat, bangsa dan negara. Melalui studi filosofis, sosiologis dan psikologis, sebuah konsep pendidikan akan lebih mudah untuk difahami dalam implementasinya. Artikel ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana konsep Fredich Froeble tentang pendidikan anak; 2) mengetahui bagaimana implikasi dari konsep pendidikan anak yang dilakukan Fredich Froeble; 3) mengetahui relevansi konsep Fredich Froeble tentang pendidikan anak prespektif pendidikan Islam di era kini. Sebuah perspektif multidisipliner dalam kajian ini menjadi tawaran yang mendesak untuk memetakan konsep pemikiran serta dapat diimplementasikan ke dalam pedoman dan metode pendidikan anak di era kini.
Keywords: Pendidikan Anak, Fredich Froeble, Pendidikan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-05-14
How to Cite
Jasminto, J. (2017). Konsep Pendidikan Anak Prespektif Fredrich Froebel: Telaah Filosofis, Sosiologis dan Psikologis Pendidikan Islam. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, (Seri 2), 747-753. https://doi.org/10.36835/ancoms.v0iSeri 2.76