Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Tradisional Cublak-Cublak Suweng untuk Meningkatkan Adaptability Skill
Abstract
This study aims to determine of group guidance with traditional games cublak-cublak suweng in improving the adaptability skills. This study is a quantitative using a pre-test post-test one group design. Subjek in this study is 6 children and data collectors is guttman scale with 2 alternative answer. The validity of the product moment of 40 items, it is known that 19 items are valid. The reliability test with the Alpha Cronbach obtained a value of 0.750. Data analysis using the Wilcoxon Test shows The Sig value is 0.003 < 0.05 which means there is a difference between the pretest and posttest. In the research results it is known that the post-test results have an increase in value from the pre-test results before being given 6 treatments. This study shows that group guidance with cublak-cublak suweng traditional game techniques as an effort to improve adaptability skills.
Downloads
References
.... 2020. Dirjen Gulirkan IHSAN dalam Proses Pendidikan Islam. https://kemenag.go.id/nasional/dirjen-gulirkan-ihsan-dalam-proses-pendidikan-islam-c68ugv
Al Amin, M. F, dkk. 2019. Konsep Toleransi dalam Islam dan Implementasinya di Masyarakat Indonesia. Jurnal Madaniyah. Volume 9 Nomor 2 Agustus 2019: 278-296
Bakhtiar, A. M., Paulina. Permainan Tradisional “Cublak Suweng” untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak SD. Prosiding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNIPMA 2017
Fajarwati, E. 2008. Jejak-jejak Permainan Tradisional Indonesia untuk Pembelajaran Kesenian di SD/ MI. Malang: UMM Press
Fibiana, I. 2021. Cublak-cublak Suweng dan Gobak Sodor: Pengembangan Karakter Anak dalam Permainan Tradisional Yogyakarta. Yogyakarta: Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY
Hudah, N. Penanaman Nilai-nilai Islam dalam Membentuk Akhlak Mulia Melalui Kegiatan Mendongeng di TK Terpadu Nurul Amal Buyuk Bringkang Menganti Gresik. Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam. Vol. 12, No. 2, Juli 2019
Leksana, D. M. 2019. Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial. Jurnal Fakultas Agama Islam-UNISLA
Lestari, S. 2017. Peningkatan Kemampuan Interaksi Sosial Melalui Permainan Tradisional Cublak-cublak Suweng Pada Anak Autis Kelas Tiga Di SLB. Jurnal Pendidikan Khusus
Mufidah, D., dkk. Integrasi Nilai-nilai Islami dan Penguatan Pendidikan Karakter. Semarang: UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press
Nurfalah, Y. Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam terhadap Anak. Tribakti Jurnal Pemikiran Keislaman, Volume 29 Nomor 1 Januari-Juni 2018: 85-99]
Perdani, P. A. Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Volume 8 Edisi I, April 2014
Ramdhani, D. 2015. Penanaman Nilai-Nilai Keislaman dalam Pendidikan Agama Islam di KMI Pondok Pesantren Darusy Syahadah Simo Boyolali Tahun Pelajaran 2015/ 2016. https://eprints.ums.ac.id/39413/1/02.NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
Romlah, T. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang
Zahro, Indah Fajratuz, and Wiwik Rahayu. 2023. “Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Permainan Outbound Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VI”. Al-Musyrif: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam 6 (2):122-32. https://doi.org/10.38073/almusyrif.v6i2.1141.
Copyright (c) 2025 Indah Fajrotuz Zahro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.