Strengthening Nilai-Nilai Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan Dasar

Studi Kasus Multisitus pada SDIT Mutiara Ilmu Bangkalan dan SDN Pejagan 3 Bangkalan

  • Fitria Hanaris STAI alif Laam Mim surabaya
Keywords: Strengthening, Moderasi Beragama, Pendidikan Dasar

Abstract

Pendidikan dasar merupakan tahap pertama dalam pembentukan kepribadian dan nilai-nilai individu, serta menjadi landasan penting bagi perkembangan sosial dan moral. Penelitian ini bertujuan untuk:  1) menganalisis keberadaan nilai-nilai moderasi beragama di SDIT Mutiara Ilmu Bangkalan dan SDN Pejagan 3 Bangkalan, 2) mengetahui proses strengthening moderasi beragama di lembaga pendidikan dasar, 3) faktor pendukung dan penghambat, dan 4) dampak strengthening nilai moderasi beragama di SDIT Mutiara Ilmu Bangkalan dan SDN Pejagan 3 Bangkalan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data didasarkan pada Bogdan dan Biklen (1982) yang menyatakan bahwa dalam desain penelitian multi-situs, terdapat dua tahap analisis data: (1) analisis data situs tunggal atau individual; dan (2) analisis data didasarkan pada teori data lintas situs. Hasil penelitian menemukan bahwa nilai-nilai moderasi beragama di SDIT Mutiara Ilmu Bangkalan dan SDN Pejagan 3 Bangkalan sudah dipraktikkan dengan baik dan dicapai melalui praktik sehari-hari seperti akhlak, shodakho, ibadah, dan pengamalan pembelajaran Islam. Melalui kebiasaan tersebut, siswa mampu mengembangkan karakter yang toleran dan mampu memahami perbedaan yang ada. Faktor pendukung dan  penghambat berasal dari guru dan orang tua yang berperan penting dalam memantau proses pembelajaran, proses ibadah, dan perilaku siswa. Peningkatan moderasi beragama di kalangan siswa berdampak pada terciptanya rasa toleransi dan saling menghormati serta menimbulkan kesan positif di masyarakat yang berpusat di sekitar SDIT Mutiara Ilmu Bangkalan dan SDN Pejagan 3 Bangkalan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daradjat, Zakiyah. 1983. Ilmu Jiwa Agama Edisi Revisi. Jakarta: Bulan Bintang.

Fauzi, Anis. 2016.Implementasi Pendidikan Karakter. Lentera Pendidikan, Vol. 19 No. 2 Desember 2016: 146-162.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Judiani, Sri. 2010. Implementasi Pendidikan Karakter di SD Melalui Penguatan Pendalaman Kurikulum. dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Oktober 2010.Vol. 16, Edisi Khusus III.

Kementerian Pendidikan Nasional, Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter; Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Kesuma, Dharma, Triana, Cepi. & Permana, Johar. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktek Di Sekolah. Bandung: Rosda.

Khan, Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing.

Listyarti, Retno. 2012. Pendikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, dan Kreatif. Jakarta: Erlangga.

Mansur Aliman. 2016.Muslimah Bahagia Dunia Akhirat. Yogyakarta: Araska.

Moh. Rifa’i. 2013. Risalah: Tuntunan Shalat Lengkap. Semarang: PT Karya Toha Putra.

Mulyasa, E. 2013. Manajememen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Naim, Ngainun. 2012. Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Putra Daulay, Haidar. 2007. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Santhut, Khatib, Ahmad. 1998. Menumbuhkan Sikap Moral dan Spiritual anak Dalam Keluarga Muslim. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Sugiyono. 2015. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif R&B. Bandung: Alfabeta.

Tadjab. 1994. Ilmu Jiwa Pendidikan. Surabaya: Karya Aditama.

Tim Penyusun. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Yunus, Abidin. 2012. Pembelajaran Bahasa BerbasisPendididkan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Zusnani, Ida. 2012Managemen Pendidikan Berbasis Karakter Bangsa. Jakarta Selatan: Tugu Publiser.

Published
2023-12-30
How to Cite
Hanaris, F. (2023). Strengthening Nilai-Nilai Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan Dasar. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 7(1), 692-701. https://doi.org/10.36835/ancoms.v7i1.541