Pengembangan dan Tantangan Kehidupan Sosial Pesantren Garasi di Jawa Timur
Abstract
Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang mengajarkan ilmu-ilmu agama Islam memiliki keunikan dan kekhasan tersediri dibandingkan dengan lembaga pendidikan lainnya di mana pesantren tetap mempertahankan tradisi- lama baik materi maupun metode pembelajarannya. Pembelajaran dilaksanakan tanpa sekat atau kelas dimana santri membentuk kelompok-kelompok kecil dan setiap kelompok mengitari ustadnya sesuai dengan tingkatan dan materi yang diajarkannya. Meski sederhana tetapi lebih efektif dan komunikatif. Dalam penelitian ini bertujuan untuk memahami (1) Bagaimana eksistensi pesantren dalam mencetak generasi terbaik diera milinia (2) Bagaimana konstruksi dan mempertahankan pesantren garasi di Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan femenologi. Dengan pendekatan ini berusaha untuk memahami fenomena sebagai mana apa adanya sehingga obyektif dan validit. Lokasi penelitian ini adalah Jawa Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokument. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, validitas data dan penarikan kesimpulan
Downloads
References
Azra, Azyumardi, (2000) Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi menuju melinium Baru Jakarta, Logos
Budhojo, Kentar (2017) Sekolah Garasi Sekolah Tanpa Sekat, Buletin Lembaga Pemberdayaan Umat (LPU) “Amanah” Madrasah Ibtidaiyah dan Diniyah “Amanah” Sekolah Garasi,
Dhofier, Zamakhsyari, (1981) Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kiyai, Jakarta: LP3ES
Gunawan, Imam, (2014) “Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik”, Jakarta Bumi Aksaran
Ihsan, Hamdani, dan Ihsan, A. Fuad, (2007) Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung, Pustaka Setia,
M. Zainuddin, (2010) Paradigma Pendidikan Terpadu, Menyiapkan Generasi Ulul Albab (Malang, UIN Press
Masyhud, Sulton dan Haedali, Amin, (2003) Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta, Diva Pustaka
Mungin , Burhan, (2007)Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta, Kencana Prenada Media
Nata, Abdudin, (2001) Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam di Indonesia Jakarta, PT Grafindo
Sugiyono, (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung, Alfabeta
Suprayogo, Imam dan Tobroni, (2003)Metode Penelitian Sosial-Agama,mBandang, Remaja Rosdakarya
Tim Direktorat Jenderal Pembinaan kelembagaan Agama Islam, (2004), Profil Pondok Pesantren MU’ADALAH Jakarta, Direktorat Jenderal Pembinaan kelembagaan Agama Islam,
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wahjoetomo, (1997) Perguruan Tinggi Pesantren, Pendidikan Alternatif Masa Depan, Jakarta: Gema Insani Press
Yasin, Fatih, (2008) Dimensi-dimensi Pendidikan Islam, (Malang, UIN Malang-Press,
http://ponpesan-nurr.blogspot.com/2013/05/metode-pembelajaran-di-pesantren.html
Copyright (c) 2019 Muhammad Husni, Fathulk Wahab

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.