Konstruksi Teori Belajar dan Pembelajaran Spiritualsufistik: Studi Kasus di Majlis Dzikir Manaqib Syaikh Abdul Qodir Jailani Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember

  • Nurul Anam IAI Al-Qodiri Jember
Keywords: Kontekstualisasi Tasawuf, Arus Radikalisme Agama

Abstract

Indoktirinasi radikalis merupakan proses interaksi edukatif ekstremis yang dilakukan oleh doktriner kepada pengantin bom untuk menanamkan kepercayaan, sistem berpikir dan perilaku radikalis. Indoktrinasi ini berhasil mencuci otak pengantin bom sehingga dia rela melakukan bom bunuh diri. Sebaliknya, di dalam konteks spiritual-sufistik, terdapat proses dekonstruksi indoktrinasi yang mampu mencuci otak umat Islam menjadi umat yang menyebarkan rahmatan lil???alamin. Kegiatan ini dilakukan dalam pembelajaran spiritual-sufistik di Pesantren Al-Qodiri Jember. Konstruksi hakikat belajar spiritual-sufistik ini dipahami sebagai suatu proses perubahan tingkah laku baik perubahan berpikir, maupun sikap atau perbuatan sehingga hidupnya bermanfaat, membawa rahmat bagi semesta alam dan bahagia di dunia dan akhirat. Konstruksi implementasi pembelajarannya menempatkan imam spiritual-sufistik sebagai guru yang aktif dan jamaah sebagai peserta didik yang pasif untuk membawa jamaah macapai derajat syari???at, tarekat, hakikat dan ma???rifat

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nurul Anam, IAI Al-Qodiri Jember
https://scholar.google.co.id/citations?user=eb68iq4AAAAJ&hl=id

References

Aizid, Rizem. 2013. Aktivasi Ilmu Laduni: Cara Pintar Tanpa Belajar Keras, Yogyakarta: Diva Press.

Al-Ghazali. 1988. Risaltu al-Ladunniyah (dalam Majmu’atu ar-Risalah), Beirut: Dar Al-Kutub Al-‘Ilmiyah.

Al-Jailani, Abdul Qadir. 1969. Fath ar-Rabbani, dalam An-Nadwi, Rijal al-Fikr wa ad-Da’wah fi al-Islam, Kuwait: Dar al-Qalam.

-------------------------------. 1987. Futuh al-Ghaib, Syamsu Basyaruddin dan Ilyas Hasan (Penerj.). Bandung: Mizan.

Anam, Nurul dan Ainur Rafik. 2016. Transformasi Pendidikan Pesantren: Perspektif KH. Abdul Wahid Hasyim dan Nurcholish Madjid, Jember: IAIN Jember Press.

Anam, Nurul dkk. 2015. Teori Belajar Behavioristik dan Aplikasinya Terhadap Pembelajaran. Tugas Karya Tulis Ilmiah pada Program S3 Mata Kuliah Teori dan Model dalam TEP yang Dibina Oleh: Prof. Dr. Punadji Setyosari, M.Pd, M.Ed, Program Pascasarjana Program Studi Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang.

Ansari, Muhammad Abdul Haq. 1990. Sufism and Shari’ah, A study of syakh Ahmad Sirhindi’s Effort to reform Sufism, Malaysia: The Islamic Foundation.

Asy’ari, Hasyim. 1971. Qonun Asasi Nahdlatul Ulama, Kudus: Menara Kudus.

Bahruddin dan Esa Nur Wahyuni. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Budiningsih, C. Asri. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Creswell, John W. 2012. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Tradition. London: SAGE Publications.

Dhofier, Zamakhsyari. 1994. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai, Jakarta: LP3ES.

Gulö, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo, 2002.

Hawa, Sa’id. 2006. Pendidikan Spiritual-sufistik, terj. Abdul Munib, Yogyakarta: Mitra Pustaka.

https://serambimata.com.2015/10/03.

Huda, Mustoliul. )2016. Implementasi Dzikir Manakib Syeikh Abdul Qodir Al Jailani dalam Meningkatkan Kecerdasan Santri di Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember. Hasil Penelitian STAI Al-Qodiri Jember.

Kartanegara, Mulyadhi. 2006. Menyelami Lubuk Tasawuf. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Madjid, Nurcholish. Tt.. Bilik-Bilik Pesantren, Jakarta: Paramadina Bekerjasama dengan Dian Rakyat.

Mahjuddin. 2001. Pendidikan Hati: Kajian Tasawu Amali. Jakarta: Kalam Mulia.

Muhyidin, Muhammad. 2007. Kasidah-kasidah Cinta: Novel Spiritual-sufistik Keajaiban Cinta. Yogyakarta: Diva Prees.

Muzadi, Abdul Muchit. 2006. NU dalam Perspektif Sejarah dan Ajaran: Refleksi 65 Tahun Ikut NU. Surabaya: Khalista.

Rahardjo, M. Dawam. 1985. Perkembangan Masyarakat dalam Perspektif Pesantren, dalam buku, Pergulatan Dunia Pesantren, Ed. M. Dawam Rahardjo. Jakarta: LP3ES.

Riyanta, Stanislaus. 2016. Hubungan Ketidaksehatan Jiwa dengna Teorisme. Dalam Jurnalintelijent.net diakses pada tanggal 5 Mei 2016.

Sari, Junita Nurmala dan Nunung Febriany. Tt.. Pengaruh Dzikir Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operatif Kanker Serviks, Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara.

Schimmel, Annemarie. 1975. Mystical Dimensions Of Islam, USA: The University of North Carolina Press.

Shiddiq, Ahmad. 1980. Khittah Nahdliyah, Surabaya: Balai Buku.

Sholihin, M. dan M. Anwar Rosyid. 2004. Akhlak Tasawuf Manusia, Etika, dan Makna Hidup, Bandung: Nuansa.

Susanto, Edi. 2006. Pendidikan Agama Berbasis Multikultural (Upaya Strategis Menghindari Radikalisme. KARSA, IX April 2006.

Tim Penyusun. 2008. Ensiklopedi Tasawuf jilid II. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Tim Redaksi. Dzikir Pencerah Hati Umat. Majalah Al-Qodiri, No. 006, November 2007.

Wahid, Abdurrahman. 1999. Prolog: Pondok Pesantren Masa Depan, Di dalam Buku yang berjudul, Pesantren Masa Depan: Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren, Ed. Marzuki Wahid, dkk., Bandung: Pustaka Hidayah.

Yin, Robert K. 2008. Case Study Research: Design and Methods, Penerjemah M. Djauzi Mudzakir, Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: RajaGrafindo.

Zainuddin, M. 2012. Karomah Syeikh Abdul Qodir Al-Jailani. Yogyakarta: LKiS.

Published
2019-11-26
How to Cite
Anam, N. (2019). Konstruksi Teori Belajar dan Pembelajaran Spiritualsufistik: Studi Kasus di Majlis Dzikir Manaqib Syaikh Abdul Qodir Jailani Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 3(1), 608-618. https://doi.org/10.36835/ancoms.v3i1.274
Section
Articles