Representasi Nilai-Nilai Moderasi Islam dalam Web Komik Berbahasa Inggris

  • Risma Fahrul Amin Universitas Ibrahimy
Keywords: Islamic Moderation, English Web Comics

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia dan terkenal di masyarakat internasional sebagai salah satu negara Islam moderat. Segala aspek bidang pemerintahan di Indonesia dipengaruhi oleh Islam, salah satunya bidang sosial. Dalam bidang sosial masyarakat Muslim Indonesia bebas menyuarakan pendapatnya melalui teknologi yang akhir-akhir ini gencar dilakukan. Selain media sosial, media yang bisa digunakan adalah web komik. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji nilai-nilai moderasi Islam yang termuat dalam web komik berbahasa Inggris "40 Sufi Comics". Penulisan ini menggunakan metode analisis struktur cerita. Kesimpulan dari tulisan ini adalah bahwa dari empat cerita dalam web komik berbahasa Inggris "40 Sufi Comics", antara lain cerita berjudul ???Mother???, ???Truth about Lies???, ???Follow Principles???, dan ???The Stranger??? terdapat nilai-nilai moderasi Islam antara lain nilai kasih sayang, nilai kejujuran, nilai welas asih, dan nilai tolong menolong. Penanaman nilai kasih sayang, nilai kejujuran, nilai welas asih, dan nilai tolong menolong harus dilakukan sejak dini agar generasi penerus bangsa ini terhindar dari ekstremisme.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Risma Fahrul Amin, Universitas Ibrahimy
https://scholar.google.co.id/citations?user=BvePs5gAAAAJ&hl=id

References

Ali. 2013. The Effect of Comic Strips on EFL Reading Comprehension. Article was published on International Journal on New Trends in Education and Their Implications. Vol. 4, Issue. 1. ISSN 1309-6249.

Amin, Risma Fahrul dan Makki, Hali. 2018. Web Comic Berbahasa Inggris: Upaya Peningkatan Minat Membaca Literatur Berbahasa Inggris. Artikel dimuat dalam Jurnal LISAN AL-HAL, Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan. Vol. 12, No.2. ISSN 1693-3230.

Armstrong, Karen. 2014. Fields of Blood: Religion and the History of Violence. Knopf: Kanada.

Barone, Diane M., Shelley, Hong Xu. 2008. Literacy Instruction for English Language Learners Pre-K–2. New York, NY: The Guilford Press.

Basol, H. Caglar and Sarigul, Ece. 2013. Replacing Traditional Texts with Graphic Novels at EFL Classrooms. Procedia-Social and Behavioral Sciences. Vol. 70, 1621-1629. ISSN: 1877-0428.

Cary, Stephen. 2004. Going Graphic:Comics at Work in the Multilingual Classroom. Article was published on Teaching English as a Second Language or Foreign Language Journal (TESL-EJ). Portsmouth, NH: Heinemann. Vol. 10, No. 1.

Clydesdale, Jacqui. 2010. A Bridge to Another World: Using Comics in the Second Language Classroom. University of Calgary.

Departeman Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan Tarjamahnya. Jakarta: Yayasan Penterjemah dan Pentafsir Al-Qur’an.

Eker, Cevat and Karadeniz, Oguzhan. 2014. The Effects of Educational Practice with Cartoons on Learning Outcomes. Article was published on International Journal of Humanities and Social Science. Vol. 4, No. 14.

Fromm, Erich. 2005. The Art of Loving. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

McCloud, Scott. 2001. Understanding Comic: Memahami Komik. Jakarta: KPG.

Rogers, Carl R. 1964. Toward a Modern Approach to Values: the Valuing Process in the Mature Person. Article was published on The Journal of Abnormal and Social Psychology. Vol. 68, No. 2.

Schwarz, Gretchen. 2006. Expanding Literacies through Graphic Novels. Article was published on English Journal. Vol. 95, No. 6.

Wellek, Rene dan Warren, Austin. 1989. Pengantar Teori Sastra. Diterjemahkan oleh Melani Budianto. Jakarta: Gramedia.

Winarso, Heru Puji. 2005. Sosiologi Komunikasi Massa. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Yang, G. 2003. Comics in Education. Retrieved from http://www.humbecomics.com.html, 2003.

http://vakil.org/40-sufi-comics,” diakses pada tanggal 2 Oktober 2019.

Published
2019-11-26
How to Cite
Amin, R. (2019). Representasi Nilai-Nilai Moderasi Islam dalam Web Komik Berbahasa Inggris. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 3(1), 269-278. https://doi.org/10.36835/ancoms.v3i1.240
Section
Articles