Nalar Moderatisme Islam dalam Kitab Sharah Al-Kawakib Al-Lamaah Karya Kiai Abul Fadhal Senori Tuban

  • Wasid Wasid
Keywords: Aswaja, Kiai Abul Fadhal, Sharah Kawakib al-Lama’ah

Abstract

Aswaja adalah aliran dalam Islam yang diidentikkan mengikuti tradisi bermadhab dalam ber-Islam (dalam Akidah, fikih, dan tasawuf). Pilihan bermadhab ini bukan hanya sebatas mengikuti pendapat para ulama, tapi sekaligus mengikuti pola pikir dan tindakannya dalam melihat berbagai persoalan dengan perspektif moderasi. Karenanya, lahirnya wacana Aswaja dalam turast karya pesantren yang ditulis oleh para kiai adalah dalam rangka memperkuat basis ideologi yang dianut; sebagai penganut setia Islam Aswaja. Hal ini cukup beralasan bahwa karya-karya yang ada hubungan dengan Aswaja senantiasa hadir sebagai counter terhadap maraknya fundamentalism dan liberalism, yang sama-sama ekstrem menolak tradisi bermadhab. Salah satu karya itu adalah tulisan Kiai Abul Fadhal Senori yang  berjudul Sharah al-Kawakib al-Lama’ah. Ulasannya cukup detail, bukan saja soal menafsirkan makna Aswaja. Tapi, sekaligus penegasan yang ilmiah untuk tidak memasukkan sebagai kelompok Aswaja kepada aliran fundamentalis yang cenderung tekstualis dan aliran liberalis yang rasionalis serta menyebut ancaman keduanya bagi nilai-nilai moderasi model Aswaja

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asy’ari, KH. Hasyim. Risalah ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah. Jogyakarta; Maktab Turats al-Islami. Tth.

Fadhal, Abul. Sharh al-Kawakib al-Lama’ah fi Tahqiqi al-Musamma bi Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah. Surabaya: Maktabah al-Hidayah. Tth.

……..., Al-Waradah al-Bahiyyah fi Bayani Ishtilahat al-Bahiyyah. Tk: Dar al-Fadhail, TTh.

Makshum, KH. Ali. Hujjah Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah. Pekalongan: Penerbit Ibn Masyhudi, Tth.

Ulum, Amirul. 3 Ulama Kharismatik Nusantara. Yogyakarta: Global Press. 2016. 5.

Wahid, Abdurrahman. 2007.“Asal Usul keilmuan di Pesantren”, dalam Islam Kosmopolitan: Nilai-nilai Indonesia dan Transformasi Kebudayaan. Jakarta: The Wahid Institute.

Zuhri, Ahmad Muhibbin Pemikiran KH. M. Hasyim Asy’ari Tentang ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah. Surabaya: Pnerbit Khalista. 2010.

Published
2018-04-22
How to Cite
Wasid, W. (2018). Nalar Moderatisme Islam dalam Kitab Sharah Al-Kawakib Al-Lamaah Karya Kiai Abul Fadhal Senori Tuban. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, (Series 1), 207-212. https://doi.org/10.36835/ancoms.v0iSeries 1.122