Pesantren Of Learning Organization: Analisis Transformasi Pengembangan Pondok Pesantren di Indonesia

  • Muhammad Ghafar Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi

Abstract

Abstract: Perkembangan pesantren di Indonesia dimulai sekitar abad ke XVI hingga sekarang masih terjaga, dimana perkembangan model pesantren salaf, modern, dan salaf-modern berjumlah 27.230 lembaga pesantren. Meskipun pesantren mendapatkan tantangan meningkatnya perkembangan teknologi dan informasi serta adanya ASEAN Community 2015 tidak membuat keberadaan pesantren gulung tikar, namun peminat masyarakat untuk belajar di pesantren terus meningkat, hal ini karena pendidikan pesantren merupakan pendidikan yang mengajarkan pendidikan agama (akhlaq atau moral) dan didukung dengan jumlah penduduk muslim Indonesia adalah yang terbesar. Kemampuan pesantren beradaptasi dan menunjukkan bahwa pesantren merupakan organisasi pembelajaran. Pesantren sebagai organisasi pembelajaran ditandai dengan peran kyai, bersama-sama dengan dewan pengasuh dan ustadz turut menjaga budaya pesantren dan memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi untuk inovasi pengembangan pesantren virtual.
Keywords: pesantren, organisasi pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-05-14
How to Cite
Ghafar, M. (2017). Pesantren Of Learning Organization: Analisis Transformasi Pengembangan Pondok Pesantren di Indonesia. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, (Seri 2), 777-784. Retrieved from http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/80