Implementasi Nilai Budaya Lokal dan Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Widodaren Ngawi

  • Muwahidah Nurhasanah STIT Muhammadiyah Tempurrejo Ngawi
  • Trisiyani Trisiyani STIT Muhammadiyah Tempurrejo Ngawi
  • Agus Sriyanto STIT Muhammadiyah Tempurrejo Ngawi
  • Syarifah Syarifah Universitas Darussalam Gontor
Keywords: implementasi, nilai budaya, moderasi beragama

Abstract

Moderat sejak dini merupakan salah satu tujuan utama menyadarkan penanaman moderasi beragama sejak anak-anak adalah keniscayaan. Sebab keragaman kehidupan di Indonesia membutuhkan pondasi yang kokoh agar tak mudah dirusak pihak-pihak tertentu. Atas dasar itu, penanaman moderasi beragama bagi anak-anak TK sudah tepat dan sangat strategis. Anak TK ini bisa dibilang masih murni sehingga lebih mudah untuk diajarkan hal-hal yang bersifat kebaikan antarsesama. Anak-anak bisa matang karakternya karena ada kebiasaan yang diajarkan. Moderasi beragama merupakan program prioritas yang dikembangkan oleh kementrian agama. Oleh karenanya, semangat moderat sejak usia dini ini perlu dikembangkan dengan berbagai pendekatan dengan menyesuaikan fase perkembangan anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana internalisasi nilai budaya lokal dan moderasi beragama yang diterapkan pada anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal di wilayah Widodaren, Ngawi. Untuk mengetahui hasil implementasi nilai budaya lokal dan moderasi beragama pada anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal di wilayah Widodaren Ngawi. Metode penelitian menggunakan jenis kualitatif studi etnografi dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di empat lembaga pendidikan TK Bustanul Athfal di wilayah Widodaren Ngawi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi nilai budaya lokal dan moderasi beragama pertama melalui kontekstualiasi nalar moderat. Dalam kaitan ini, sembilan nilai moderasi beragama dapat diramu dalam konteks kurikulum dan non-kurikulum untuk menjadi praktik baik yang menekankan peserta didik agar mampu membangun hubungan sosial dan hubungan dengan lingkungan serta masyarakat sekitar dengan baik dan sewajarnya, sesuai perkembangan dan fase pertumbuhan mereka. Kedua, implementasi moderasi beragama pada peserta didik PAUD dan TK perlu ditempuh dengan penekanan pada orientasi pengutamaan praktik dalam kehidupan sehari-hari di lembaga pendidikan dengan metode learning by doing. Harapan peneliti berikutnya membahas penekanan penguatan nilai budaya lokal dan moderasi beragama pada anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’la, M R, and Z Husnah. “Menggagas Konsep Moderasi Islam Untuk Anak Usia Dini.” … Bocil: Journal of Childhood Education … 1, no. 1 (2023): 26–32. http://ojs.unublitar.ac.id/index.php/bocil/article/view/727%0Ahttps://ojs.unublitar.ac.id/index.php/bocil/article/download/727/590.

Debby Riana Hairani. “Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini Di Tk Yomako Distrik Nimbokrang Kabupaten Jayapura Papua.” Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan 1, no. 1 (2023): 132–39. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i1.80.

Karakter, Pendidikan. “No Title” 13, no. 2 (2020).

Masliyana. “Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini.” BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal 2, no. 1 (2023): 43–52. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bocah/article/view/5744.

Mudzakkir, M. “Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Sd Islamiyah Magetan.” Al-Fatih: Jurnal Studi Islam 09, no. 01 (2021): 89–97.

Nafisah, M, Moderasi Beragama, and Perspektif Hasbi. ““ Exporting Indonesia ’ s Moderate Islam to the World Stage :,” no. 73 (2022).

Nindyarizki, S N, and N Azizah. “Membangun Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Anak Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Hilal Karangkemiri.” Pabitara: Jurnal Pengabdian … 1, no. 1 (2022): 1–9. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/pabitara/article/view/3278.

Nisak, Farah Fahrun. “Upaya Peningkatan Sikap Moderasi Beragama Untuk Anak Usia Dini Melalui Multimedia Interaktif ‘Kids Moderations’ Dalam Pembelajaran Di Ra Masyithoh Manggisan.” BERNAS KIDS: Islamic Childhood Education … 1, no. 1 (2022): 17–36. https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/tar.

Nurdin, M N I, and M Muqowim. “Pengarusutamaan Moderasi Beragama Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini: Studi Pada Raudhatul Athfal Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Anak 12, no. 1 (2023): 59–71. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/56291%0Ahttps://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/download/56291/19722.

Umar, Mardan, Feiby Ismail, and Nizma Syawie. “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Moderasi Beragama Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 19, no. 1 (2021): 101–11. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i1.798.

———. “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Moderasi Beragama Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini Implementation of Religious Moderation Learning At Early Childhood Education Level.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 19, no. 1 (2021): 101–11. http://jurnaledukasikemenag.org.

Yuliana, Yuliana, Fitri Lusiana, Dea Ramadhanyaty, Anis Rahmawati, and Rosyida Nurul Anwar. “Penguatan Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini Sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 4 (2022): 2974–84. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1572.

Published
2023-12-29
How to Cite
Nurhasanah, M., Trisiyani, T., Sriyanto, A., & Syarifah, S. (2023). Implementasi Nilai Budaya Lokal dan Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Widodaren Ngawi. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 7(1), 407-416. https://doi.org/10.36835/ancoms.v7i1.511