Internalisasi Pendidikan Nilai Kemandirian dan Moderasi di Pesantren Sunan Drajat Lamongan

  • Miftachul Ulum Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan
  • Abdul Mun’im Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan
Keywords: Internalization, Moderate Character, Pondok Pesantren

Abstract

Pondok Pesantren and scientific networks cannot be separated from the role of a kiai. A scientific network based on spiritual factors makes Pondok Pesantren and kiai role models for society. This research aims to describe the education of the values of independence and moderation at the Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan. The focus of this research is the process of instilling educational values of independence and moderation which is still ongoing at the Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan. Sources of informants include caregivers, family caregivers, students, Pondok Pesantren administrators, foundation administrators, dormitory administrators, informal institution administrators, formal institution administrators, regional organization administrators, alumni and the surrounding community. The results of the research show that instilling educational values of independence and moderation starts from habituation activities carried out in daily life at Pondok Pesantren. Instilling the values of independence and moderation begins with increasing awareness and vigilance in social life in the Pondok Pesantren environment

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrori S Karni. Etos Studi Kaum Santri : Wajah Baru Pendidikan Islam. Bandung: Mizan Pustaka, 2009.

Astuti, Ani Puji. “Hubungan Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Pembentukan Karakter Siswa Di MIS Ath-Thohiriyah Batanghari.” SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah 2, no. 2 (2022): 211–18.

Dakir, Dakir, dan Harles Anwar. “Nilai-nilai pendidikan pesantren sebagai core value; dalam menjaga moderasi islam di indonesia.” Jurnal Islam Nusantara 3, no. 2 (2020): 495–517.

Data Statistik Santri Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan, 2022.

E. Mulyasa. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Endriani, Ani. “Hubungan antara keharmonisan keluarga dengan sikap disiplin siswa.” Jurnal Paedagogy 4, no. 2 (2020): 42–49.

Fatmawati, Fatmawati. “Representasi Nilai Pendidikan Akhlak Tasawuf dalam Novel Kembara Rindu Karya Habiburrahman El Shirazy.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 20, no. 1 (2022): 15–25.

Fiqih, Muh. Ainul. “Peran Pesantren Dalam Menjaga Tradisi-Budaya Dan Moral Bangsa.” PANDAWA : Jurnal Pendidikan dan Dakwah 4, no. 1 (2022): 42–65.

https://indonesiabaik.id/infografis/pengguna-internet-di-indonesia-makin-tinggi,” 2023.

Imelda, Ade. “Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2017): 227–47. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2128.

John W. Creswell. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih antara Lima Pendekatan, terj. Ahmad Lintang Lazuardi dari Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Approaches. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

———. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih antara Lima Pendekatan, terj. Ahmad Lintang Lazuardi dari Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Approaches. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. “https://kbbi.web.id/internalisasi,” 2023.

Kees Bartens. Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Kusnoto, Yuver. “Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada satuan pendidikan.” Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial 4, no. 2 (2017): 247–56.

M. Chabib Thoha. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.

Moeflih Hasbullah. Islam & Transformasi Masyarakat Nusantara : Kajian Sosiologis Sejarah Indonesia. Depok: Kencana, 2017.

Mubin, Muh Fatkul. “Internalisasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran online pada masa pandemi COVID-19 berbasis Edutainment.” Journal of Islamic Education and Innovation, 2021, 123–33.

Mukhid, Abd. Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing, 2021.

Rahim, Arhjayati. “internalisasi nilai sipakatau, sipakalebbi, sipakainge’dalam upaya pencegahan tindak pidana korupsi.” Jurnal Al Himayah 3, no. 1 (2019): 29–52.

Romdoni, L. N., & Malihah, E. “Membangun pendidikan karakter santri melalui panca jiwa pondok pesantren.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5, no. 2 (2020): 13–22.

Saputri, Juwita, dan Roy Andre Ferdinan. “Hubungan Karakter Religious Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Muatan Pelajaran Agama Islam.” Journal of Basic Education Research 3, no. 3 (2022): 76–79. https://doi.org/10.37251/jber.v3i3.267.

Silfiyasari, Mita, dan Ashif Az Zhafi. “Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Era Globalisasi.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 5, no. 1 (2020): 127–35.

Sirait, Frida Yanti, dan Selamat Pohan. “Internalisasi Nilai-Nilai Al-Maun Dalam Pengembangan Kelembagaan Muhammadiyah Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi Kasus: LAZISMU Kota Medan).” PhD Thesis, UMSU, 2021.

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 1996.

Susilaningtiyas, Dwi Erna, dan Yusuf Falaq. “Internalisasi Kearifan Lokal Sebagai Etnopedagogi: Sumber Pengembangan Materi Pendidikan Ips Bagi Generasi Millenial.” Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS 1, no. 2 (2021): 45–52.

Ulia, Nuhyal, Yunita Sari, dan Mohamad Hariyono. “Pengaruh Bahan Ajar Konsep Dasar Matematika Berbasis Internalisasi Nilai-Nilai Islam Terhadap Sikap Religius.” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran 3, no. 1 (2020): 1–10.

Ulum, M. “Pendampingan Pemahaman Kitab Kuning Durratun Nashihin dalam Pembentukan Karakter Santri Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan.” Proceedings of Annual Conference on Community Engagement, 2018, 617–26.

Ulum, M, dan A Munim. “Digitalisasi Pendidikan Pesantren (Paradigma Dan Tantangan Dalam Menjaga Kultur Pesantren).” Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars 3, no. 1 (2019): 664–70.

Ulum, M, dan A Mun’im. “Moderation of Islamic Education in The Digital Space.” Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars 6, no. 1 (2022): 642–48.

Ulum, Miftachul. “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren.” Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 2 (2018): 382–97.

Yulianto, Yulianto, dan M. Nurul Huda. “Internalisasi Nilai Karakter Religius Pesantren Di Ra Al-Iman Bulus.” JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah 8, no. 3 (2023): 1224–31.

Zamakhsyari Dhofier. Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES, 2011.

Published
2023-12-19
How to Cite
Ulum, M., & Mun’im, A. (2023). Internalisasi Pendidikan Nilai Kemandirian dan Moderasi di Pesantren Sunan Drajat Lamongan. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 7(1), 196-205. https://doi.org/10.36835/ancoms.v7i1.485