INTERAKSI DI RUANG KELAS; Agama sebagai Modal Adaptasi Siswa Minoritas di Sekolah

  • Sulanam Sulanam UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: minority influence, minority student, cultural adaptation, religion in school.

Abstract

Tulisan ini membahas tentang interaksi antara siswa dari agama minoritas dengan siswa mayoritas di ruang kelas. Tulisan ini hendak memaparkan bagaimana para siswa minoritas ini beradaptasi dengan lingkungan barunya dan membangun komunikasi dengan media agama. Penelitian deskriptif kualitatif ini memanfaatkan data yang berasal dari siswa minoritas di SMAN 1 Menganti Gresik. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dilengkapi dokumentasi yang relevan. Penelitian ini melihat bahwa agama memainkan peranan penting dalam proses adaptasi yang dilakukan oleh siswa minoritas, yang ditunjukkan melalui proses komunikasi yang lebih mendalam antara siswa minoritas dan mayoritas di sela-sela jam belajar mereka. Penelitian ini juga melihat adanya modal komunikasi selain agama, sebagai komunikasi pembukaan tingkat permukaan seperti komunikasi atas dasar kesukaan dan tingkat chemistry di antara mereka. Berdasarkan konteks geografis sekolah, penelitian ini menyimpulkan bahwa pada lingkungan yang memiliki ketaatan beragama yang kuat, agama memiliki peranan penting dalam proses adaptasi, karena perbedaan keyakinan ini menjadi sesuatu yang menarik bagi para siswa untuk dipertukarkan (knowledge sharing).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, Depy, Ridhah Taqwa, dan Diana Dewi Sartika. “Ketersediaan dan Pemanfaatan Ruang Sosial di SDN 179 Kecamatan Kemuning Kota Palembang”. Jurnal Empirika 1, 2 (2016).

Andriani, Susi dan Oksiana Jatinignsih. “Strategi Adaptasi Sosial Siswa Papua di Kota Lamongan”. Kajian Moral dan Kewarganegaraan 2, 3 (2015).

Asnawi, Khakam Umam. “Konsep Konseling Gestalt Berbasis Islam untuk Membantu Meningkatkan Sosialisasi dan Adaptasi Siswa di Sekolah”. Hisbah, Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam 14, 1 (2017).

Asrohah, Hanun “Interaksi di Kelas Perspektif Pendekatan Konstruktivistik untuk Pengembangan Akhlak”. Ulumuna, Jurnal Studi Keislaman 18, 1 (2014).

Damsar. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2011.

Dewi, Ratih Kesuma. “Analisis Karakteristik Siswa untuk Mencapai Pembelajaran yang Bermakna”. Education Journal 5, 2 (2021).

Febriani, Luna. “Agama, Sekolah, dan Pemenuhan Hak; Telaah Ketersediaan Guru Agama Berbasis Agama Siswa di SD Kabupaten Bangka”. Asketik, Jurnal Agama dan Perubahan Sosial 4, 1 (2020).

Fuadi, Moh. “Urgensi Pendidikan Agama Islam bagi Anak di Lingkungan Keluarga, Kajian Pedagogis Surat Luqman Ayat 13-19”. Raudhah 4, 2 (2019).

Hayadin. “Melindungi Hak-hak Peserta Didik Agama Minoritas di Sekolah”. Edukasi, Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 18, 2 (2020).

Hunowu, Momy A. “Konsep Full Day School dalam Perspektif Sosiologi Pendidikan”. Jurnal Irfani 12, 1 (2016).

Isnanto, Asni Ilham, dan Nurhatima Lakita. “Pengendalian Tingkah Laku Siswa Melalui Pendekatan Manajemen Kelas”. Jambura Journal of Educational Management 1, 1 (2020).

Kaha, Samuel Cornelius. “Dialog sebagai Kesadaran Relasional Antar Agama; Respon Teologis atas Pudaranya Semangat Toleransi Kristen-Islam di Indonesia”. Jurnal Abdiel 4, 2 (2020).

Khotimah, Andi Weyana Nurul. “Ruang Kelas Sebagai Suatu Sistem dalam Menunjang Proses Belajar Mengajar”. Jurnal Sosialisasi 3, 2 (2016)

Latifah, Umi. “Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar; Masalah dan Perkembangannya”. Academia Journal of Multidisciplinary Studies 1, 2 (2017).

Muliadi, Erlan. “Urgensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural di Sekolah”. Jurnal Pendidikan Islam 1, 1 (2012).

Nurmadiah. “Peranan Pendidikan Agama dalam Keluarga terhadap Penbentukan Kepribadian Anak”. Al-Afkar, Jurnal Ilmu Keislaman dan Peradaban 1, 2 (2013).

Pachoer, Rd. Datoek A. “Sekularisasi dan Sekularisme Agama”. Religious, Jurnal Agama dan Lintas Budaya 1, 1 (2016).

Prasaja, Kuswantara Akbar “Analisis Tingkat Interaksi Sosial Siswa Non-Muslim sebagai Penganut Agama Minoritas pada SMA Negeri 1 Indralaya”. Skripsi. Indralaya: Universitas Sriwijaya, 2021.

Ratnasari, Jayanti dan Iin Purnamasari. “Analisis Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Interaksi Sosial Antarsiswa di SD Negeri Rogomulyo 01”. Prosiding Seminar Nasional PGSD. Semarang: Universitas PGRI Semarang, 2015.

Rianawati dan Wasli. “Pendidikan Agama Islam pada Anak Usia Sekolah Dasar dalam Keluarga di Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas”. Jurnal Conciencia 19, 2 (2019)

Rizkiana, Atya. “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Siswa SMK Barunawati Surabaya”. Jurnal Ekonomi, Pendidikan, dan Kewirausahaan 2, 2 (2017).

Sadari. “Metode Pendidikan Keberagamaan di Lingkungan Keluarga”. Alim, Journal of Islamic Education 1, 1 (2019).

Sayu, Jane Aristya, Yusuf Ibrahim dan Gusti Budjang. “Adaptasi Sosial Siswa Kelas X pada Boarding School SMA Taruna Bumi Khatulistiwa”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 2, 9 (2013).

Sukron, Mochamad Imam, Ika Ratih Sulistiana, dan Adi Sudrajat. “Analisis Karakteristik Siswa dalam Pembelajaran PAI di SMA al-Maarif Singosari Malang”. Victorina Jurnal Pendidikan Islam 6, 4 (2021).

Sulanam. “Interaksi Minoritas Mayoritas di Sekolah; Studi terhadap Proses Adaptasi, Negosiasi, dan Pembentukan Identitas Siswa Minoritas di Sekolah.” Disertasi. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya, 2021..

Suparmin, Mamin. “Makna Psikologi Perkembangan Peserta Didik”. Spirit 10, 2 (2010).

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 12 ayat (1).

Wawancara dengan Siswa Minoritas ke-1 (Hindu), SMAN 1 Menganti – Gresik, pada tanggal 30 November 2020.

Wawancara dengan Siswa Minoritas ke-2 (Hindu), SMAN 1 Menganti – Gresik, pada tanggal 30 November 2020.

Zaluchu, Sonny Eli. “Mengkritisi Teologi Sekularisasi”. Kurios, Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 4, 1 (2018)

Published
2022-04-15
How to Cite
Sulanam, S. (2022). INTERAKSI DI RUANG KELAS; Agama sebagai Modal Adaptasi Siswa Minoritas di Sekolah. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 6(1), 868-878. https://doi.org/10.36835/ancoms.v6i1.437