Foklor Destinasi Wisata: Media Penyebar Kedamaian Islam pada Dunia

  • Majidatun Ahmala STAI Taruna Surabaya
Keywords: cerita rakyat, foklor destinasi wisata, nilai-nilai keislaman, pariwisata, daya tarik wisata.

Abstract

Foklor atau cerita rakyat Indonesia memuat keragaman norma-norma leluhur yang diwariskan secara turun-temurun dan mampu menjadi alat pengendali sosial yang cukup efektif di masyarakat. Jika dunia menggambarkan keabadian cinta dalam foklor romeo dan Juliet, maka foklor destinasi wisata Indonesia yang bernuansa Animisme-Dinamisme, dan Hindu akan menjadi media syiar Islam pada dunia karena mampu hidup berdampingan dalam damai selama ini bersama masyarakat yang mayoritas Islam. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan purposive sampling, yaitu pada foklor destinasi wisata dengan penulis-penulis tertentu untuk menjaga timbulnya multi interpertasi dalam satu cerita di berbagai versi. Subyek penelitian yang diambil dibatasi hanya Sembilan foklor, yaitu: 1) foklor Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso pada destinasi wisata Candi Prambanan; 2) foklor petani dan ikan mas pada destinasi wisata Danau Toba; 3) foklor Sangkuriang dan Dayang Sumbi pada destinasi wisata Tangkuban Perahu; 4) foklor Kalung Putri Gilang Rukmini pada destinasi wisata Telaga Warna; 5) foklor Klinting dan nenek tua pada destinasi wisata Rawa Pening; 6) foklor Kyai Pasir dan Nyai Pasir pada destinasi wisata Telaga Sarangan; 7) foklor Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo pada destinasi wisata Coban Rondo; 8) foklor Raden Budog dan Sri Poh Haci pada destinasi wisata Tanjung Lesung; dan 9) foklor Gerong dan Orah pada destinasi wisata Labuan Bajo. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai luhur dalam foklor destinasi wisata Indonesia yang bernuansa Hindu-Budha, Animisme-Dinamisme, juga terdapat dalam Islam. Oleh sebab itu, umat Islam dapat menerimanya dengan baik hingga saat ini. Ditemukan 23 nilai Islam dalam sembilan foklor destinasi wisata yang akan dibawa pulang oleh setiap wisatawan yang berkunjung melalui pesan-pesan moral yang ada di dalamnya, sehingga dunia akan melihat keindahan Islam yang ada di Indonesia melalui kemampuannya dalam menjaga kedamaian sebagai umat mayoritas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

El-Bantanie, Muhammad Syafi’ie, Sabar Tanpa Batas, Syukur Tiada Ujung (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014)

Endraswara, Suwardi, Metodologi Penelitian Folklor: Konsep, Teori, Dan Aplikasi, 1st edn (Yogyakarta: Medpress, 2009)

I Made Bayu Wisnawa, Putu Agus Prayogi, I Ketut Sutapa, Manajemen Pemasaran Pariwisata: Pengembangan Potensi Produk Wisata Perdesaan, 1st edn (Sleman: Deepublish, 2021)

Indonesia, Presiden Republik, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan (Indonesia, 2009), I, 12–42

Intera, Tim Redaksi, Hakikat Tawadhu’, ed. by Tim Intera (Intera, 2021)

Kid, Tim Erlangga for, Cerita Rakyat Nusantara, ed. by Windrati Hapsari Widya Ayu Ningrum, 1st edn (Jakarta: Erlangga for Kids)

Lira Hayu Afdetis Mana, Samsiarni, Buku Ajar Mata Kuliah Foklor, 1st edn (Yogyakarta: Deepublish, 2018)

Maya, Tim Jellajah Wisata, Pesona Candi Di Jawa Tengah, ed. by Tim Jelajah Wisata Maya, 1st edn (Sukoharjo: CV Pustaka Bengawan, 2017)

Mini, Rose, Cerita Rakyat Danau Toba (Jakarta Selatan: Indocamprima, 2018)

Muthohirin, Birrul Walidain (Semarang: Mutiara Aksara, 2019)

MUzakki, Helmi, Buku Ajar BIPA Tingkat 3: Berbasis Budaya Lokal Malang, 1st edn (Malang: Media Nusa Creative, 2020)

Ni’mah, Ma’sumatun, Perilaku Jujur Dan Menepati Janji, ed. by Paramita Perdani (Klaten: Cempaka Putih, 2019)

Rhama, Bhayu, Tata Kelola Destinasi Wisata Dan Peraturan Perundang-Undangan Pariwisata, ed. by Erni Setyowati (Yogyakara: Kanisius, 2020)

RI, Pustakawan Utama Pustakawan Nasional, Foklore/Cerita Rakyat Destinasi Wisata Indonesia, ed. by Tim Perpusnas Press, 1st edn (Jakarta Pusat: Perpusnas Press, 2021)

Ristanti, Widya, Mengenal Cerita-Cerita Legenda Di Tanah Jawa, ed. by Lukito Ritjahjono, 2nd edn (Surakarta: CV Teguh Karya, 2018)

Sapardi Djoko Damono, dkk, Sastra Pariwisata, ed. by I Nyoman Darma Putra Novi Anoegrajekti, Djoko Saryono, 1st edn (Yogyakarta: PT Kanisius, 2020)

Sari, Try Anggun, ‘Hukum Mengembalikan Luqathah Yang Telah Dimanfaatkan Setelah Mengumumkannya Menurut Imam Syafi’i (Studi Kasus Di Desa Kwala Musam Kecamatan Batang Serangan Kabupaten Langkat)’ (Universitas Islam Negeri Medan Sumatera Utara, 2017)

Seno, Kak, Sangkuriang, Edisi digi (Surabaya: JP Books, 2019)

Setiyaningsih, Ika, Mengenal Jenis-Jenis Teks, ed. by Uti Darmawati (Yogyakarta: Intan Pariwara, 2019)

———, Ragam Teks Dan Aplikasinya, ed. by Uti Darmawati (Yogyakarta: Intan Pariwara, 2019)

Sindu Galba, Sudiono, Foklor Nusantara Ungkapan Tradisional Masyarakat Melayu-Natuna Provinsi Kepulauan Riau, ed. by Semiarto Aji Purwanto (Jakarta: Direktorat Jenderal Nilai BUdaya, Seni dan Film Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, 2007)

Wiyono, Edi, Jelajah Nusantara Destinasi Wisata Indonesia, ed. by Tim Perpusnas Press, 1st edn (Jakarta Pusat: Perpusnas Press Anggota IKAPI, 2021)

Published
2022-04-15
How to Cite
Ahmala, M. (2022). Foklor Destinasi Wisata: Media Penyebar Kedamaian Islam pada Dunia. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 6(1), 1215-1233. https://doi.org/10.36835/ancoms.v6i1.392