Digitalisasi Pendidikan Pesantren (Paradigma dan Tantangan dalam Menjaga Kultur Pesantren)

  • Miftachul Ulum Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan
  • Abdul Mun`im Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan
Keywords: Digital Era, Education, Pesantren Culture.

Abstract

The independence of pesantren has been trested both in the management of education and in physical development. The pesantren comes in a unique character and is able to harmonize with current developments. Fast information services that are connected with cyberspace cannot be dammed so that changes in people`s mindset can also experience a shift. The presence of modern pesantren is one form of responding to the development of the pesantren education system in the digital era which adopts the concept of virtual education. Problems and challenges in the digital era can trigger changes in attitudes and behavior for every human being is no exception for students who live in pesantren. Kemandirian pesantren telah teruji baik dalam pengelolaan pendidikan maupun dalam pembangunan fisik. Pesantren hadir dalam suatu karakter yang unik dan mampu menyelaraskan dengan perkembangan saat ini. Layanan informasi yang cepat yang terkoneksi dengan dunia maya tidak dapat dibendung sehingga perubahan pola pikir masyarakat juga dapat mengalami pergeseran. Kehadiran pesantren modern salah satu bentuk merespon pengembangan sistem pendidikan pesantren pada era digital yang mengadopsi dari konsep pendidikan virtual. Permasalahan dan tantangan di era digital dapat memicu perubahan sikap dan perilaku bagi setiap orang manusia tidak terkecuali bagi santri yang bermukim dipesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Miftachul Ulum, Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan
https://scholar.google.co.id/citations?user=VjsqOugAAAAJ&hl=id

References

Ahmad Fauzi, Hefniy, Hasan Baharun, Akmal Mundiri, Umar Manshur, Musolli. “E-Learning in Pesantren: Learning Transformation Based on the Value of Pesantren.” Journal of Physics: Conference Series 1114 (2018): 1–7.

Ali Yafie. Menggagas Fiqih Sosial. Bandung: Mizan, 1994.

Arif, Mohammad. “Perkembangan Pesantren Di Era Teknologi” 28, no. 2 (2013).

Armai Arief. Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Aziz, Helmi, and Nadri Taja. “Kepemimpinan Kyai Dalam Menjaga Tradisi Pesantren (Studi Deskriptif Di Pondok Pesantren Khalafi Al-Mu’awanah Kabupaten Bandung Barat).” TA’DIB 5, no. 1 (2016): 9–18.

Budiantoro, Wahyu. “Dakwah Di Era Digital.” KOMUNIKA 11, no. 2 (2017): 263–81.

Damanhuri, Ahmad, Endin Mujahidin, and Didin Hafidhuddin. “Inovasi Pengelolaan Pesantren Dalam Menghadapi Persaingan Di Era Globalisasi.” Ta’dibuna : Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 1 (2013): 17–38.

Damanhuri, Ahmad, Endin Mujahidin, Didin Hafidhuddin, and Inovasi Pengelolaan Pesantren. “Inovasi Pengelolaan Pesantren Dalam Menghadapi Persaingan Di Era Globalisasi.” Ta’dibuna 2, no. 1 (2013): 2252–5793.

Gazali, Erfan. “Pesantren Di Antara Generasi Alfa Dan Tantangan Dunia Dunia Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0.” OASIS : Jurnal Ilmiah Kajian Islam 2, no. 2 (2018): 94–109.

M. Dawam Rahardjo. Pergulatan Dunia Pesantren. Jakarta: P3M, 1985.

M. Syaifuddien Zuhriy. “Budaya Pesantren Dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf.” Jurnal Walisongo 19, no. 2 (2011): 287–310.

Miftachul Ulum. “Eksistensi Pendidikan Pesantren : Kritik Terhadap Kapitalisasi Pendidikan.” TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam 1, no. 2 (2018): 20–37.

———. “Pendampingan Pemahaman Kitab Kuning Durratun Nashihin Dalam Pembentukan Karakter Santri Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan.” In Annual Conference on Community Engagement, 2:617–26, 2018.

Minan Jauhari, Muhibbin. “Urnalisme Pesantren Dan Media Cyber: Membendung Hegemoni Media Dari Bilik Pesantren.” FENOMENA 16, no. 1 (2017): 173–202.

Sahal Mahfudh, MA. Nuansa Fiqih Sosial. Yogyakarta: LKis, 1994.

Zamakhsyari Dhofier. Tradisi Pesantren, Studi Tentang Pandangan Hidup Kiai. Jakarta: LP3ES, 1990.

Published
2019-11-26
How to Cite
Ulum, M., & Mun`imA. (2019). Digitalisasi Pendidikan Pesantren (Paradigma dan Tantangan dalam Menjaga Kultur Pesantren). Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 3(1), 664-670. https://doi.org/10.36835/ancoms.v3i1.279
Section
Articles