Potret Pendidikan Islam Feminis (Studi Kasus di Ftk Uin Sunan Ampel)

  • Muhammad Fahmi UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Lisanul Uswah Sadieda UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Hanik Yuni ALfiyah FAI Unsuri Surabaya

Abstract

Abstrak Artikel ini berhasil memotret pendidikan Islam feminis (pendidikan Islam berwajah perempuan) di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel FTK UINSA) Surabaya. Melalui kajian kualitatif, ditemukan hasil paparan sebagai berikut. Pertama, pendidikan Islam di FTK UIN Sunan Ampel berwajah perempuan (pendidikan Islam femins). Dalam artian jumlah mahasiswa perempuan lebih dominan dibandingkan dengan mahasiswa laki-laki. Hal ini terkait dengan prospek FTK yang menjadikan lulusannya sebagai pendidik, sementara naluri perempuan dekat dengan dunia pendidikan. Sehingga alasan mengapa banyak perempuan yang memilih Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) sebagai tempat kuliah karena mereka ingin menjadi pendidik (guru). Hal ini yang mengakibatkan jumlah perempuan dominan dibandingkan laki-laki di FTK UIN Sunan Ampel. Kedua, motivasi utama perempuan memilih kuliah di FTK UIN Sunan Ampel adalah karena mereka terdorong untuk menjadi guru. Dorongan itu terkadang timbul dari diri sendiri, orang tua, keluarga, atau lingkungan sekitar. Mayoritas perempuan yang kuliah di FTK bercita-cita menjadi guru. Bagi mereka guru merupakan dunia yang dekat dengan naluri perempuan. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Feminis, dan FTK Abstract This article successfully portrayed feminist Islamic education (Islamic education with a female face) at the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training at the Sunan Ampel State Islamic University FTK UINSA Surabaya. Through qualitative studies, the following exposure results were found. First, Islamic education at FTK UIN Sunan Ampel has a female face (Islamic feminine education). In the sense that the number of female students is more dominant compared to male students. This is related to the prospect of FTK making graduates as educators, while women`s instincts are close to education. So the reason why many women choose the Tarbiyah and Teaching Faculty (FTK) as a place of study is because they want to become educators (teachers). This has resulted in the number of dominant women compared to men at FTK UIN Sunan Ampel. Second, the main motivation for women choosing to study at FTK UIN Sunan Ampel is because they are encouraged to become teachers. Encouragement sometimes arises from oneself, parents, family, or the environment. The majority of women who study at FTK aspire to become teachers. For them the teacher is a world that is close to women`s instincts. Keywords: Islamic Education, Feminist, and FTK

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhammad Fahmi, UIN Sunan Ampel Surabaya
https://scholar.google.co.id/citations?user=izohm-wAAAAJ&hl=id
Published
2019-11-26
How to Cite
Fahmi, M., Sadieda, L., & ALfiyah, H. (2019). Potret Pendidikan Islam Feminis (Studi Kasus di Ftk Uin Sunan Ampel). Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 3(1). Retrieved from http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/275