Nilai Moderasi Islam dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Azhar Kota Kediri

  • Zaenal Arifin Institut Agama Islam Tribakti Kediri
  • Bakhril Aziz Institut Agama Islam Tribakti Kediri

Abstract

Artikel ini membahas bagaimana proses dan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai moderasi Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Azhar Kediri. Nilai moderasi Islam sangat penting dimiliki seseorang dalam menjalani kehidupan di negara yang plural seperti Indonesia. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan proses dan metode yang tepat dalam menanamkan nilai-nilai tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sedangkan jenis pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi. Sementara teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai moderasi Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Azhar Kediri menggunakan materi pembelajaran yang berlandaskan Islam Ahlussunah Waljama???ah Annahdliyah, sedangkan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai moderasi Islam adalah dengan metode ceramah dan diskusi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Zaenal Arifin, Institut Agama Islam Tribakti Kediri
https://scholar.google.co.id/citations?user=AnmalFQAAAAJ
Published
2019-11-26
How to Cite
Arifin, Z., & Aziz, B. (2019). Nilai Moderasi Islam dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Azhar Kota Kediri. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 3(1). Retrieved from http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/270