Budaya Sekolah dalam Meneguhkan Perilaku Moderat Siswa

  • Achmad Anwar Abidin STAI Daruttaqwa Gresik

Abstract

Penelitian ini dapat menambah pengetahuan dan khazanah keilmuan terkait dengan budaya keagamaan di Sekolah dan keguanaanya dalam meneguhkan perilaku moderasi siswa. Manfaat Praktis, Bagi Kepala Sekolah untuk memperoleh informasi tentang budaya keagamaan dan perilaku siswa-siswi di Madrasah yang dipimpinnya. Bagi Lembaga/Madrasah. Dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam mengembangkan budaya keagamaan di lingkungan Madrasah sebagai acuan untuk mengontrol perilaku siswa-siswi/peserta didiknya. Strategi pengembangan budaya agama dalam komunitas sekolah, wujud kebudayaan, meniscayakan adanya upaya pengembangan dalam tiga tataran, yaitu tataran nilai yang dianut, tataran praktek keseharian, dan tataran simbol-simbol budaya.Budaya berkaitan erat dengan persepsi terhadap nilai dan lingkungan yang melahirkan makna dan pandangan hidup yang akan mempengaruhi sikap dan tingkah laku (the total way of lifi a people). Nilai-nilai ajaran agama ini terlihat dari kemampuan seseorang untuk menunjukkan ciri khas dirinya sebagai penganut agama, sikap, dan perilakunya secara lahir dan batin yang sejalan dengan nilai-nilai ajaran agama yang dianutnya, pola pikirannya memiliki kecenderungan terhadap keyakinan agamanya, serta kemampuannya untuk mempertahankan jati diri sebagai seorang yang berguna.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Achmad Anwar Abidin, STAI Daruttaqwa Gresik
https://scholar.google.co.id/citations?user=a0PqJ0IAAAAJ&hl=id
Published
2019-11-26
How to Cite
Abidin, A. (2019). Budaya Sekolah dalam Meneguhkan Perilaku Moderat Siswa. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 3(1). Retrieved from http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/269