Lembaga Pendidikan Islam Bali di Era Revolusi Industri 4.0

  • Mohammad Fawaid STAI Denpasar

Abstract

Abstrak Dengan hadirnya Revolusi Industri 4.0, secara otomatis mempengaruhi proses perkembangan keilmuan dalam pendidikan Islam. Perkembangan itu dirasakan pada aspek tujuannya, metodologi pengajarannya, dan media pembelajarannya, dan standar kompetensi lulusan yang memiliki softskill dan hard skill. Apalagi setelah melihat perkembangan pendaftaran siswa baru di tiap-tiap lembaga pendidikan Islam dari tahun pertahun mengalami lonjakan yang sangat drastis sehingga banyak lembaga Pendidikan Islam di Bali hususnya di Denpasar dan kabupaten Badung yang harus menolak calon siswa baru oleh karena lokasi kelasnya tidak mencukupi. Indikasi ini meruapakan sebuah fenomena bahwa persaingan sains dan teknologi ditingkat lembaga pendidikan dasar dan menengah semakin membuka ruang bagi pengelola pendidikan untuk melengkapi sarana dan prasarana yang mendukung terhadap kemajuan siswa yang dilandasi dengan faham dan ajaran agama Islam, oleh karena lembaga Pendidikan Islam di Bali berada pada lingkungan mayoritas agama Hindu. Lembabaga Pendidikan Islam yang sejak dulu masih dianggap kurang bagus, kuarang maju bagi sebagian orang tua murid maka saat ini menjadi hal yang ???perimadona??? hanya bertujuan untuk menyelamatkan anak didik menjadi anak yang bisa bersaing dan mengikuti perkembangan zaman lebih-lebih didukung dengan faham dan akidah yang kuat di ajaran Islam. Berikut akan dipaparkan tentang pengaruh revolusi industry 4.0 dalam pendidikan Islam. Keywords ; Era Revolusi Indurti 4.0, Lembaga Pendidikan Islam, Primadona

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mohammad Fawaid, STAI Denpasar
http://ancoms.kopertais4.or.id/ancoms2019/?page_id=137
Published
2019-11-26
How to Cite
Fawaid, M. (2019). Lembaga Pendidikan Islam Bali di Era Revolusi Industri 4.0. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 3(1). Retrieved from http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/257