Pandangan Muslim Yang Berprofesi Penjual Kopi Mengenai Persaingan Usaha (Studi Kasus pada Tujuh Warung Kopi di Desa Sumberwudi Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan Dengan Perspektif Ekonomi Syariah dan Perspektif Sosiologis

  • Binti Mutafarida IAIN Kediri
  • Moh. Farih Fahmi IAIN Kediri
  • Hilmiyah Mahardini Universitas Brawijaya

Abstract

Abstrak Artikel ini membahas mengenai muslim yang berprofesi sebagai penjual warung kopi dan bagaimana dalam melakukan persaingan usaha. Sehingga dalam artikel ini akan mencoba membahas tentang yang pertama tentang alasan apa yang melatar belakangi warung kopi tersebut menerapkan metode persaingan usaha yang berbeda seperti pada umumnya. Kedua, ingin mengkaji persoalan metode persaingan usaha yang berbeda berdasarkan pendekatan ekonomi syariah, dan yang ketiga adalah metode persaingan usaha yang berbeda berdasarkan pendekatan sosiologis. Metodologi yang digunakan adalah menggunakan pendekatan studi kasus dan pendekatan sosial ??? economics. Hasil dari penelitian ini adalah ada tiga alasan mengapa hal ini bisa terjadi yaitu yang pertama adalah alasan religiusitas, kedua adalah pembacaan pangsa pasar, dan ketiga adalah kebiasan. Dari ketiga alasan ini ketika dilihat dari pesrpektof ekonomi syariah sudah sesuai dengan ajaran pada al qur???an dan hadis. Selain itu dalam sudut pandang sosiologis dengan teori sosialnya pieree breau breuu. Sehingga secara umum warung kopi di desa sumberwudi dapat disimpulkan mempunyai gaya tersendiri dalam persaingan usaha, meskipun ada kesan homogen dan nihil persaingan Kata Kunci: Persaingan usaha, Muslim, ekonomi, sosiologi Abstrack This article discusses Muslims who work as coffee shop sellers and how to conduct business competition. So in this article I will try to discuss the first about the reasons behind the coffee shop that apply different business competition methods as in general. Second, we want to examine the problem of different business competition methods based on the sharia economic approach, and the third is a different business competition method based on a sociological approach. The methodology used is to use a case study approach and a social-economics approach. The results of this study are that there are three reasons why this can occur: the first is religiosity, the second is reading market share, and the third is habbit. From these three reasons when viewed from the perspective of Islamic economics is in accordance with the teachings of the Qur`an and Hadith. Also in the sociological point of view with his social theory pierre breuu. So that in general the coffee shop in Sumberwudi village can be concluded to have its own style in business competition, although there is a homogeneous and zero competition impression Keywords: Business competition, Muslims, economics, sociology

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Binti Mutafarida, IAIN Kediri
https://scholar.google.com/citations?user=n5YYy2gAAAAJ&hl=id
Published
2019-11-26
How to Cite
Mutafarida, B., Fahmi, M., & Mahardini, H. (2019). Pandangan Muslim Yang Berprofesi Penjual Kopi Mengenai Persaingan Usaha (Studi Kasus pada Tujuh Warung Kopi di Desa Sumberwudi Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan Dengan Perspektif Ekonomi Syariah dan Perspektif Sosiologis . Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 3(1). Retrieved from http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/230