2nd Annual Conference for Muslim Scholars (AnCoMS) 2018

Kata Pengantar

  • Abd. A’la Kopertais Wilayah IV Surabaya

Abstract

Preface: 2nd Annual Conference for Muslim Scholars (AnCoMS) tahun 2018

KATA PENGANTAR EDITOR

Puji syukur kami haturkan ke hadirat Allah SWT, karena berkat limpahan rahmat dan hidayah-Nya, Proceedings 2nd Annual Conference for Muslim Scholars (AnCoMS) tahun 2018 dapat diselesaikan dengan baik. Kegiatan ini memiliki tema “Strengthening the Moderate Vision of Indonesian Islam” dengan tujuan sebagai berikut: (1) memperkuat khazanah ilmu keislaman yang bercorak moderasi islam dari berbagai sudut pandang disiplin keilmuan; (2) memfasilitasi temu jaringan ilmiah pada intelektual muslim di lingkungan perguruan tinggi; dan (3) menerbitkan karya-karya ilmiah interdisipliner dan multidisipliner dari intelektual muslim.

Maraknya gerakan Islam di Indonesia dengan karakter yang cenderung militan, skriptural, dan ideologis (politik) menjadi pemikat tersendiri di kalangan umat Islam. Sementara di sisi lain adanya kekhawatiran muncul ketika Islam terlalu terseret ke ranah politik akan menimbulkan subordinasi agama di bawah kepentingan kekuasaan. Kekhawatiran ini mendorong mayoritas umat Islam di Indonesia untuk mendudukan agama Islam ke ranah yang tidak ekstrim, yakni Islam Moderat.

Munculnya Islam moderat bagi sebagian besar umat Islam di Indonesia diyakini merupakan solusi terbaik bagi bangsa Indonesia, karena pada ranah ini Islam betul-betul menjadi agama yang rahmatan lil ‘alamin. Gerakan Islam moderat menjadi visi bersama bagi mayoritas kaum muslimin di Indonesia. Gerakan ini dipelopori oleh organisasi Islam mayoritas, khususnya Nahdlatul Ulama dan muhammadiyah.

Meneguhkan visi moderasi Islam bagi kaum muslimin di Indonesia perlu didorong dan didukung oleh seluruh kalangan, khususnya para akademisi muslim. Untuk inilah, pada annual conference yang kedua, Kopertais Wilayah IV Surabaya berupaya untuk meneguhkan visi moderasi dalam kajian-kajian ilmiah yang diharapkan dapat berkontribusi pada pemikiran Islam moderat di perguruan tinggi.

2nd Annual Conference for Muslim Scholars (AnCoMS) 2018 dengan tema "STRENGTHENING The Moderate Vision of Indonesian Islam" dilaksanakan oleh Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Wilayah IV Surabaya (KOPERTAIS IV) pada tanggal 21-22 April 2018, bertempat di UIN Sunan Ampel Surabaya, Jl A. Yani 117 Surabaya dan Mercure Hotel-Grand Mirama Surabaya Jl. Raya Darmo No. 68-78 Surabaya.

AnCoMS 2018 di dukung oleh forum-forum prodi yaitu Kementrian Agama RI, UIN Sunan Ampel, Forum Redaktur Jurnal (FOREDJ), Jurnal Maraji, Forum Dosen Komuinikasi Dosen dan Peneliti (FKDP), FKPPS, Forum Komunikasi Pendidikan Anak Usia Dini  (FORDIAUD),  Perkumpulan Ahwalus Syassyiah (Perkasa), dan Forum Pengelola Data Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta.

 

Tema yang di bahas di AnCoMS 2018 meliputi bidang-bidang keislaman yaitu Islamic Economic, Islamic Law, Islamic Communication, Islamic Thought, Islamic Education, Islamic Civillization, Multidisiplinary Stuidies. Artikel yang masuk berjumlah 215 artikel, setelah melalui selelsi dan proses review maka artikel yang di terima utuk di prentasikan serta di publikasikan berjumlah 100 artikel.

Dalam proses pelaksanaan AnCoMS tahun 20018 serta penerbitan proceedings ini tentu masih menyisakan kekurangan, untuk itu kami selalu menanti kritik dan saran guna penyempurnaan di tahun-tahun berikutnya. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada keynote speakers, reviewers, participants, delegates, para penulis dan semua pihak yang telah membantu dan berpartisipasi dalam kegiatan dan penyusunan proceedings ini. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan dinilai ibadah oleh Allah SWT. Amin.

 

Ketua Editor

Prof. Dr. H. Abd. A’la, M.Ag.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-25
How to Cite
A’la, A. (2018). 2nd Annual Conference for Muslim Scholars (AnCoMS) 2018. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, (Series 1). Retrieved from http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/210