Konstruksi Pendidikan Islam Berbasis Laduni Quotient (LQ)

  • Nurul Anam STAI AL-QODIRI JEMBER
  • Villatus Sholikhah STAI Al-Qodiri Jember
Keywords: Konstruksi, Pendidikan Islam, Laduni Quotient (LQ).

Abstract

Konsep ESQ Ary Ginanjar merupakan upaya penjernihan kembali pemikiran melalui God Spot, tetapi konsep ESQ tersebur masih mengabaikan ruang ruhani dengan segala perangkatnya (dzauq, aql, shadr, fu’ad, qalb, bashiirah,dan lubb) yang beroperasi diwilayah hati. Maka, dibutuhkan suatu logika yang lebih luas dan lebih dalam dari itu, yakni kecerdasan Laduni atau Laduni Quotient (LQ), yang merupakan pengejawantahan darikecerdasan ruhaniah yang merupakan puncak akumulasi kecerdasan dalam otak dan hati manusia. LQ adalah merupakan kecerdasan pemikiran yang bersifat ruhaniah. Kinerjanya tak saja memerlukan optimalisasi dari potensi berpikir, namun juga dengan mendayagunakan potensi berzikir. Dari latar belakang ini maka fokus kajiannya adalah bagaimana konstruksi pendidikan Islam berbasis LQ. Untuk meneliti fokus ini, maka peneliti menggunakan metode penelitian kualiatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Dengan metode penelitian tersebut, maka hasil penelitiannya, yaitu: 1) hakikat pendidikan Islam berbasis Laduni Quotient adalah suatu proses atau usaha mengembangkan, mengajarkan, membimbing, dan mengarahkan potensi, baik yang ada di dalam jasad, nafs dan ruh, 2) konstruksi dasarnya telah tertera dalam ayat-ayat al-Qur’an dan Hadis Rasulullah Saw., 3) konstruksi tujuannya adalah untuk mewujudkan generasi ulul albab, dan 4) konstruksi strateginya dapat menggunakan dua strategi yaitu wahby (tanpa proses belajar) dan kasybi (melalui proses belajar).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nurul Anam, STAI AL-QODIRI JEMBER

References

Agustian, Ary Ginanja. 2009. ESQ:Emotinal Spiritual Quotient. Jakarta: Arga Publishing.

Aizid, Rizem. 2013. Aktivasi Ilmu Laduni: Cara Pintar Tanpa Belajar Keras. Yogyakarta: Diva Press.

Al-Baqy, Muhammad Fuad Abd. Tt. al-Mu’jam al-Mufahras li Alfadz al-Qur’an. Indonesia: Maktabah Dahlan.

Enha, Ilung S. 2011. Laduni Quotient Modal Kecerdasan Masa Depan. Yogyakarta: Kaukaba.

---------------------, 2013. LQ: Eleven Pillars of Intelligence. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Jalal, Abdul Fatah. 1977. Min Ushul al-Tarbawiyah fi al Islam. Mesir: Jumhur al Arabiyah.

Mutohar, Ahmad dan Nurul Anam. 2013. Manifesto Modernisasi Pendidikan Islam & Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Bekerjasama dengan STAIN Jember Press.

Nuh, Mohammad. 2013. Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. dalam buku, LQ: Eleven Pillars of Intelligence. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sekretaris Negara Republik Indonesia. 2011. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Thun 2003 Tentang Sisdiknas & Peraturan Pemerintah RI Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Serta Wajib Belajar. Bandung: Citra Umbara.

Shihab, Quraish. 2000. Tafsir al-Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Syamsudini, Dzikir. 2004. Fikir dan Amal Shaleh Sebagai Pilar Dasar: Dalam Membangun Kecerdasan dan Kepribadian Mahasiswa “Ulul Albab”, Makalah disampaikan pada acara OPAK 2012, h. 1-3.

Tasmara, Toto. 2001. Kecerdasan Ruhaniyah (Transcedental Intelligence): Membentuk Kepribadian yang Bertanggung Jawab, Profesional, dan Berakhlak. Jakarta: Gema Insani Press.

Tobroni. 2008. Pendidikan Islam: Paradigma Teologis, Filosofis, dan Spiritualitas. Malang: UMM Press.

Published
2018-04-22
How to Cite
Anam, N., & Sholikhah, V. (2018). Konstruksi Pendidikan Islam Berbasis Laduni Quotient (LQ). Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, (Series 2), 673-682. Retrieved from http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/169