Menanamkan Nilai-Nilai Religius (Agama) dalam Pembelajaran IPA (Sains) di Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS (AGAMA) DALAM PEMBELAJARAN IPA (SAINS) DI MADRASAH IBTIDAIYAHDownloads
References
Abdul Azhim, Ali. 1989. Epistemologi dan Aksiologi Ilmu: Perspektif al-Qur‟an. Bandung: Rosda.hal.119
Abruscato.1996. Teaching Children Science a, Discovery Approach. USA: Simon& Schuster Company
Achmad Baiquni.(1997). Al-Qur’an dan Ilmu Pengetahuan Kealaman. Yogyakarta: PT. Dana Bakti Prima Jasa, hal.19
Adawiah. “Integrasi Sains dan Agama dalam Pembelajaran Kurikulum PAI (Perspektif Islam dan Barat serta Implementasinya)” dalam jurnal Al-Banjari, Vol. 15, No. 1 Januari-Juni 2016.(Banjarmasin:2016)
Al-Qur’ān al-Karīm (Q.S. 12:105)
Depdiknas.2001.Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Konsep dan Pelaksanaannya.Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Djudin,Tomo. “Menyisipkan Nilai-Nilai Agama dalam Pembelajaran Sains: Upaya Alternatif Memagari Aqidah Siswa” dalam Jurnal Khatulistiwa – Journal Of Islamic Studies Volume 1 Nomor 2. (Pontianak: 2011)
Fakhri, Jamal. “Sains dan Teknologi dalam Al-Qur’an dan Implikasinya dalam Pembelajaran” dalam jurnal Ta’bid, Vol. XV No. 01. Edisi, Juni 2010. (Lampung:2010)
Hamalik, Oemar.2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. hal. 1.
Hamzah, Mukhotob dan Badriyatul Muniroh. “Konsep Gaya Tarik (Gravitasi) dalam Perspektif Al-Qur’an dan Sains (Kajian Surat Al-Hajj Ayat 65)” dalam jurnal Spektra,Kajian Pendidikan Sains. Wonosobo:2010.
Hasanah, Nur. “Dampak Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Di Kota Salatiga” dalam jurnal Penelitian Sosial Keagamaan Inferensi, Vol. 9, No. 2, Desember.( Institut Agama Islam Negeri Salatiga :2015)
Hayat. “Integrasi Agama dan Sains Melalui Mata Kuliah PAI di Perguruan Tinggi” dalam jurnal Insania, Vol. 19, No. 2, Juli - Desember 2014 (Malang:2014)
Ishak, Suardi. “Metode Pembelajaran Sains dalam Perspektif Pendidikan Islam” dalam Jurnal Ilmiah Islam Futura Vol. 15. No. 1, Agustus 2015.(Aceh:2015)
Jalaluddin.2003.Teologi Pendidikan. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.hal. 67.
Khoiri, Ahmad. “Telaah Agama, Konsep Baru Pendidikan Islam dan Sains (Integritas Ilmu-Ilmu Islam Sebuah Tawaran Konsep Menjawab Dinamisasi Pasar Global)” dalam jurnal Insania, Vol. 19, No. 2, Juli. (Yogyakarta:2014)
Muslich.2007. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme. Jakarta: PT Bumi Aksara. hal.2
Samatowa, Usman.2010.Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.Jakarta:Indeks, hal 1-3
Sauri, Sofyan.”Revitalisasi Pendidikan Sains dalam Pembentukan Karakter Anak Bangsa untuk Menghadapi Tantangan Global” 2014
Sirajudin. “Integrasi Agama dan Sains; Islamisasi Sains di Tengah Arus Modernitas” dalam Jurnal Qolamuna, Volume 2 Nomor 1 Juli 2016 (Kediri:2016)
Sulthon. “Pembelajaran IPA Efektif dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI)” dalam jurnal elementary Vol. 4 ∫ No. 1 ∫ Januari-Juni 2016. (Kudus:2016)
Suyudi, Agus. 2003. Dasar-dasar IPA. Malang: F.MIPA UNM, hal.47
Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (Jakarta:PT. Gramedia Pustaka Utama, 2008), Edisi IV, Cet. 1, hal. 15.
Yaqin, Ainol. “Integrasi Ilmu Agama dan Sains (Kajian atas Pemikiran Al-Ghazālī)” dalam jurnal Islamuna 38 Volume 3 Nomor 1 Juni 2016. (Pamekasan:2016)
Young, Hugh D. dan Roger A. Freeedma. 2001. Fisika Universitas Edisi Kesepuluh Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga, hal. 355.