Menanamkan Nilai-Nilai Religius (Agama) dalam Pembelajaran IPA (Sains) di Madrasah Ibtidaiyah

  • Nur Kholifah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Abstract

MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS (AGAMA) DALAM PEMBELAJARAN IPA (SAINS) DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nur Kholifah, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

References

Abdul Azhim, Ali. 1989. Epistemologi dan Aksiologi Ilmu: Perspektif al-Qur‟an. Bandung: Rosda.hal.119

Abruscato.1996. Teaching Children Science a, Discovery Approach. USA: Simon& Schuster Company

Achmad Baiquni.(1997). Al-Qur’an dan Ilmu Pengetahuan Kealaman. Yogyakarta: PT. Dana Bakti Prima Jasa, hal.19

Adawiah. “Integrasi Sains dan Agama dalam Pembelajaran Kurikulum PAI (Perspektif Islam dan Barat serta Implementasinya)” dalam jurnal Al-Banjari, Vol. 15, No. 1 Januari-Juni 2016.(Banjarmasin:2016)

Al-Qur’ān al-Karīm (Q.S. 12:105)

Depdiknas.2001.Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Konsep dan Pelaksanaannya.Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Djudin,Tomo. “Menyisipkan Nilai-Nilai Agama dalam Pembelajaran Sains: Upaya Alternatif Memagari Aqidah Siswa” dalam Jurnal Khatulistiwa – Journal Of Islamic Studies Volume 1 Nomor 2. (Pontianak: 2011)

Fakhri, Jamal. “Sains dan Teknologi dalam Al-Qur’an dan Implikasinya dalam Pembelajaran” dalam jurnal Ta’bid, Vol. XV No. 01. Edisi, Juni 2010. (Lampung:2010)

Hamalik, Oemar.2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. hal. 1.

Hamzah, Mukhotob dan Badriyatul Muniroh. “Konsep Gaya Tarik (Gravitasi) dalam Perspektif Al-Qur’an dan Sains (Kajian Surat Al-Hajj Ayat 65)” dalam jurnal Spektra,Kajian Pendidikan Sains. Wonosobo:2010.

Hasanah, Nur. “Dampak Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Di Kota Salatiga” dalam jurnal Penelitian Sosial Keagamaan Inferensi, Vol. 9, No. 2, Desember.( Institut Agama Islam Negeri Salatiga :2015)

Hayat. “Integrasi Agama dan Sains Melalui Mata Kuliah PAI di Perguruan Tinggi” dalam jurnal Insania, Vol. 19, No. 2, Juli - Desember 2014 (Malang:2014)

Ishak, Suardi. “Metode Pembelajaran Sains dalam Perspektif Pendidikan Islam” dalam Jurnal Ilmiah Islam Futura Vol. 15. No. 1, Agustus 2015.(Aceh:2015)

Jalaluddin.2003.Teologi Pendidikan. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.hal. 67.

Khoiri, Ahmad. “Telaah Agama, Konsep Baru Pendidikan Islam dan Sains (Integritas Ilmu-Ilmu Islam Sebuah Tawaran Konsep Menjawab Dinamisasi Pasar Global)” dalam jurnal Insania, Vol. 19, No. 2, Juli. (Yogyakarta:2014)

Muslich.2007. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme. Jakarta: PT Bumi Aksara. hal.2

Samatowa, Usman.2010.Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.Jakarta:Indeks, hal 1-3

Sauri, Sofyan.”Revitalisasi Pendidikan Sains dalam Pembentukan Karakter Anak Bangsa untuk Menghadapi Tantangan Global” 2014

Sirajudin. “Integrasi Agama dan Sains; Islamisasi Sains di Tengah Arus Modernitas” dalam Jurnal Qolamuna, Volume 2 Nomor 1 Juli 2016 (Kediri:2016)

Sulthon. “Pembelajaran IPA Efektif dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI)” dalam jurnal elementary Vol. 4 ∫ No. 1 ∫ Januari-Juni 2016. (Kudus:2016)

Suyudi, Agus. 2003. Dasar-dasar IPA. Malang: F.MIPA UNM, hal.47

Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (Jakarta:PT. Gramedia Pustaka Utama, 2008), Edisi IV, Cet. 1, hal. 15.

Yaqin, Ainol. “Integrasi Ilmu Agama dan Sains (Kajian atas Pemikiran Al-Ghazālī)” dalam jurnal Islamuna 38 Volume 3 Nomor 1 Juni 2016. (Pamekasan:2016)

Young, Hugh D. dan Roger A. Freeedma. 2001. Fisika Universitas Edisi Kesepuluh Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga, hal. 355.

Published
2018-04-22
How to Cite
Kholifah, N. (2018). Menanamkan Nilai-Nilai Religius (Agama) dalam Pembelajaran IPA (Sains) di Madrasah Ibtidaiyah. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, (Series 2), 652-662. https://doi.org/10.36835/ancoms.v0iSeries 2.167