Peranan Kebijakan Moneter Islam Terhadap Likuiditas Lembaga Keuangan Syariah di dalam Abad Baru Ekonomi Islam

  • Yusuf Yusuf Sekolah Tinggi Agama Islam Salahuddin Pasuruan
Keywords: Kebijakan Moneter Islam, Likuiditas, Lembaga Keuangan Syariah.

Abstract

Perkembangan sektor keuangan dan moneter memberikan corak dalam sistem perekonomian Nasional. Bank Indonesia sebagai pemegang otoritas moneter dalam ekonomi modern berperan mengendalikan penawaran uang dan kredit bank, tingkat suku bunga, arus kredit dan perkembangan sektor keuangan. Peran tersebut diwujudkan dalam bentuk kebijakan moneter beserta instrumen – instrumen moneter berbasis syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan instrumen moneter Islam terhadap pengelolaan likuiditas Perbankan Syariah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi yang lebih mendalam tentang bagaimana peranan kebijakan moneter Islam dalam mengembangkan keuangan dan moneter syariah di masa yang akan datang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan latar alamiah dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan jalan melibatkan berbagai metode yang ada.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan moneter Islam berperan dalam menentukan pengelolaan likuiditas lembaga keuangan syariah dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga intermediasi dan migitasi risk

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yusuf Yusuf, Sekolah Tinggi Agama Islam Salahuddin Pasuruan

References

Dian Rakyat. 2005. Pembangunan Berperspektif Gender : Laporan Penelitian Kebijakan Bank Dunia. Jakarta : Dian Rakyat.

Fakih Mansour. 1999. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Go, Daniel dan Timothy Wibowo. 2010. The Embryo of Success. Jakarta: Gramedia.

Ihromi, T.O. 1995. Kajian Wanita Dalam Pembangunan. Jakarta : Yayasan Obor.

Kementrian Pemberdayaan Perempuan RI. UNFPA dan BKKBN. 2004. Bunga Rampai Panduan dan Bahan Pembelajaran Pelatihan Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Nasional. Jakarta: KEPPRI, UNFPA, BKKBN.

Darsono, dkk, Masa Depan Keuangan Syariah Indonesia (Jakarta Selatan: TAZKIA PUBLISHING Cetakan I, 2017).

Andri Soemitra, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah ( Jakarta: KENCANA Cetakan ke-7, 2017).

Rakhmawati, Analisis Hubungan Antara Kebijakan Moneter Terhadap Dana Pihak Ketiga pada Perbankan Syariah di Indonesia, (Skripsi – UIN Syarif Hidayatullah, 2009).

Friady Amaluddin, Efektifitas Transmisi Kebijakan Moneter antara Bank Syariah dan Konvensional, (Tesis, Depok: Fakultas ekonomi Universitas Indonesia, 2005)

Adri Soemitra, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah (Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri, 2017).

Umer Chapra, Monetary Policy in an Islamic Economy, Dalam Darsono, dkk, Masa Depan Keuangan Syariah Indonesia (Jakarta Selatan: TAZKIA PUBLISHING Cetakan I, 2017).

Khaerul Umam, Manajemen Perbankan Syariah, (Bandung, Pustaka Setia, 2013).

Mamduh, Abdul Halim, Analisis Laporan Keuangan, ( Yokyakarta, UPP STIM YKPN edisi kelima, 2016).

Dahlan Siamat, Manajemen Lembaga Keuangan Kebijakan Moneter dan Perbankan. Dalam Nurul Ichsan, Pengelolaan Likuiditas Bank Syariah (Jakarta, Artikel Fakultas Agama Islam Universitas Prof.Dr.Hamka, 2013).

Lexi J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung, PT Remaja Rosada Karya, 2006).

Published
2018-04-22
How to Cite
Yusuf, Y. (2018). Peranan Kebijakan Moneter Islam Terhadap Likuiditas Lembaga Keuangan Syariah di dalam Abad Baru Ekonomi Islam. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, (Series 1), 366-372. Retrieved from http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/140