Optimalisasi Zakat dan Pajak Bagi Kesejahteraan Rakyat dalam Tinjauan Ekonomi Berprinsip Maqasid Al-Syariah

  • Aries Musnandar Universitas Islam Raden Rahmat
Keywords: Zakat, Pajak, Kesejahteraan Rakyat Ekonomi, Maqasid al Syariah

Abstract

Sistem hukum di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri. Pengaruh hukum Belanda dalam sistem hukum di Indonesia cukup dominan. Hukum adat dan hukum Islam juga diakomodasi dalam hukum nasional Indonesia. Hal lain yang berasal dari fiqih muamalah (hukum Islam) dan mendapat perhatian pemerintah adalah terkait persoalan zakat. Dalam mengkaji masalah ini penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Disamping itu, untuk mempertajam hasil analisis penulis juga mengakomodasi hasil diskusi dan wawancara tak terstruktur dengan pihak-pihak terkait tentang tema yang diangkat oleh penulis. Penelitian ini menemukan solusi bagi pengentasan kemiskinan yakni dengan cara menerapkan dan mengoptimalkan zakat dalam pengelolaan dan pendistribusian zakat. Hasil kajian menunjukkan bahwa implementasi zakat secara optimal akan dapat menjembatani kesenjangan antara golongan kaya dan miskin. Sebagaimana pajak, zakat juga merupakan bagian dari penerimaan negara, oleh karena itu keterkaitan antara pajak dan zakat sangat erat

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Aries Musnandar, Universitas Islam Raden Rahmat

References

Kelsen, Hans. 1996. Introduction to the Problems of Legal Theory. Clarendon Press-Oxford. Terjemahan Siwi Purwadari. 2012. Pengantar Teori Hukum. Cetakan V.Nusa Media. Bandung.

Rawls, John. 1995. A Theory of Justice. Harvard University Press. Cambridge, Masschusetts. Terjemahan Uzair Fauzan dan Heru Prasetyo. 2011. Teori Keadilan. Cetakan 2. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Iska, Syukri. 2012. Sistem Perbankan Syariah di Indonesia. Dalam Prespektif Fikih Ekonomi. Fajar Media Press. Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi & Yulian,a Lia. 2009. Manajemen Pendidikan. UNY: cetakan ke 5. Yogayakarta.

Wan Daud, Wan Nor Mohd. 2012. Rihlah Ilmiah: Dari Neomodernisme ke Islamisasi Ilmu Kontemporer. Editor Adian Husaini. UTM-CASIS. Jakarta.

Artikel dalam Jurnal dan Publikasi Ilmiah

Kholilah. 2011. Integrasi Zakat Profesi dan Pajak Penghasilan dalam Perekonomian Sebagai Solusi Pengentasan Kemiskinan di Indonesia. Muqaddimah. Jurnal Ekonomi Islam 2 (1): 1–19.

Musnandar, Aries. 2017. Manajemen Inklusif Zakat dan Pajak Dalam Perspektif Hukum Islam (Fikih Muamalah). Artikel yang belum dipublikasikan.

Musnandar, Aries. 2011. Zakat Sebagai pengganti pajak.

http://www.imz.or.id/new/article/1033/zakat-sebagai-pengganti-pajak/

Musnandar, Aries. 2014. Pengelolaan Zakat dan Pajak di Indonesia.

http://www.neraca.co.id/article/37927/pengelolaan-zakat-dan-pajak-di-indonesia-oleh-aries-musnandar-dosen-uin-malang

Subarkah, Ibnu. 2009. Hakim Pengemban Amanah Pemilu. Jurnal Konstitusi. Puskasi FH Universitas Widyagama Malang Vol II (1): 76-90.

Shahir Bin Makhtar, A. dan Bin Ahmad, Shofian. 2014. Aplikasi Prinsip Maqasid Al-Syariyyah Dalam Pengurusan Zakat di Malaysia. The Development of Islamic Studies in Indonesia and Malaysia, International Seminar Proceeding. April15, Malang. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim: 13-22.

Hasan, Sudirman. 2014. Government Policy on Zakat and Tax in Indonesia in the View of Maqahid al-Shariah. The Development of Islamic Studies in Indonesia and Malaysia, International Seminar Proceeding. April15, Malang. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim: 177-184.

Muhammad Ata Al Sid. 1991. General Objectives of Islamic Shari’ah: The Reality of the Divine. Dalam Lesson In Islamic Economics. EditorMozer Kahf. Seminar Proceeding. IDB-IRTI. Jeddah KSA.

https://indonesiana.tempo.co/read/115260/2017/08/14/raries.m1/zakat-dan-pemerataan-kesejahteraan. Aries Musnandar (diakses 14 Agustus 2017)

http://www.pajak.go.id/content/article/pajak-menurut-syariah. Gusfahmi (29 Okt 2015)

Published
2018-04-22
How to Cite
Musnandar, A. (2018). Optimalisasi Zakat dan Pajak Bagi Kesejahteraan Rakyat dalam Tinjauan Ekonomi Berprinsip Maqasid Al-Syariah. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, (Series 1), 345-356. https://doi.org/10.36835/ancoms.v0iSeries 1.138