Etika Bisnis Syariah dan Implikasinya Terhadap Distribusi (Studi Pembacaan atas Manajemen Bisnis HNI HPAI)

  • Nihayatur Rohmah Institut Agama Islam Ngawi

Abstract

Etika bisnis adalah suatu bagian subjektif yang harus dimiliki seorang pelaku bisnis.Perdagangan menurut aturan Islam, menjelaskan berbagai etika yang harus dilakukan oleh para pedagang muslim dalam melaksanakan jual beli. Dan diharapkan dengan menggunakan dan mematuhi etika perdagangan Islam tersebut, suatu usaha perdagangan dan seorang muslim akan maju dan berkembang pesat lantaran selalu mendapatkan berkah dari Allah SWT.Dalam kehidupan sosial, etika memainkan peranan yang cukup penting guna membuat pola kehidupan masyarakat yang lebih baik. Agar berjalan tertib, masyarakat butuh norma dan etika. Masalah etika merupakan masalah serius bagi terciptanya kehidupan yang harmonis.Dalam dataran yang lebih luas, permasalahan etika juga menjadi suatu hal yang sangat penting bagi dunia bisnis.Perilaku setiap individu dalam dunia bisnis menjadi salah satu di antara penentu maju mundurnya suatu perjalanan bisnis.PT Herba Penawar Alwahida Indonesia, yang kemudian dikenal sebagai HPAI, merupakan salah satu perusahaan Bisnis Halal Network di Indonesia yang fokus pada produk-produk herbal.Perusahaan HPAI memiliki manajemen bisnis berbasis syariah.Distribusi pemerataan pendapatan dengan penerapan poin, bonus, royalty, promosi yang berbasis syariah dengan sistem ju’alah.Manajemen bisnis HPAI mengatur tentang Pewarisan keagenan secara otomatis akan beralih pada ahli waris telah menunjukkan keadilan distribusi pendapatan sesuai syariah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-05-14
How to Cite
Rohmah, N. (2017). Etika Bisnis Syariah dan Implikasinya Terhadap Distribusi (Studi Pembacaan atas Manajemen Bisnis HNI HPAI). Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, (Seri 1), 73-84. https://doi.org/10.36835/ancoms.v0iSeri 1.10